A. Pendahuluan
Para pembaca yang baik hati. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa panti asuhan adalah suatu tempat untuk anak-anak yang tidak memiliki keluarga atau tempat penampungan bagi anak-anak yang kondisi keluarganya tidak mendukung untuk bisa membiayainya hidup. Dengan melihat keadaan anak-anak asuh yang tinggal di panti asuhan, tentunya sangatlah penting untuk membentuk pola didik positif pada anak asuh di panti asuhan.
B. Pembahasan
Adapun langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan adalah
Pertama, Pentingnya Pendekatan Personal
Dengan memberikan perhatian secara personal pada setiap anak asuh dapat membantu dalam mengenali kebutuhan, bakat, dan potensi unik yang mereka miliki. Pendekatan personal dapat membentuk hubungan yang kuat antara pengasuh dan anak asuh.
Kedua, Membangun Keterampilan Sosial
Anak asuh perlu diberdayakan dengan keterampilan sosial, tujuannya adalah agar dapat bersatu di dalam masyarakat. Dengan mengadakan kegiatan kelompok, kerjasama, dan komunikasi terbuka bisa menjadi kunci dalam membentukketerampilan sosial pada anak asuh di panti asuhan.
Ketiga, Memberikan Model Peran yang Baik
Pengasuh di panti asuhan perlu menjadi teladan yang baik. Memberikan contoh perilaku positif, etika, dan integritas dapat membentuk karakter anak asuh menjadi lebih baik.
Keempat, Pemberian Dukungan Psikologis
Kondisi anak asuh di panti asuhan seringkali penuh dengan tantangan emosional. Dengan memberikan dukungan psikologis dan ruang untuk berbicara membantu mereka mengatasi masalah dan membentuk pola pikir yang positif.
Kelima, Pendidikan dan Pembinaan
Langkah kelima untuk membentuk pola didik positif pada anak asuh di panti asuhan adalah dengan menyediakan akses pendidikan yang baik dan pembinaan untuk pengembangan bakat serta minat anak asuh.
C. Penutup
Semoga apa yang penulis sampaikan di atas bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang memiliki panti asuhan ataupun bagi yang berencana ingin punya panti asuhan. Sebab, masih banyak anak-anak tidak beruntung di luar sana yang masih butuh dijaga, dirawat, dan diberdayakan dengan sebaik-baiknya.
Referensi :
Santoso, B. (2018). Pentingnya Dukungan Psikologis dalam Pengembangan Anak Asuh di Panti Asuhan. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 14(3), 210-225.
Wijaya, A. (2017). Peran Model Peran dalam Pembentukan Karakter Anak Asuh di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 45-56.
Ditulis oleh : Afrian Rahardyaning Pangestu.