Para pembaca yang baik hati.
Momen liburan panjang merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan bagi para murid. Di sisi lain, bagi para guru adalah suatu tantangan di mana ketika para murid harus kembali ke sekolah, maka para guru hatus berjuang dalam rangka membangkitkan semangat belajar para murid.
Lantas, bagaimana caranya supaya para guru dapat membuat para murid bersemangat dalam belajar setelah liburan panjang?
Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat membantu para guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang membangkitkan semangat:
Pertama, Membuat Rencana Pembelajaran Menarik.
Guru dapat merancang suatu rencana pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kebutuhan para murid. Dengan demikian, dapat membuat para murid merasa lebih bersemangat dalam menjalani proses pembelajaran di kelas, walaupun telah menjalani masa liburan panjang.
Kedua, Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif
Dengan menerapkan metode pembelajaran yang aktif seperti diskusi kelompok, permainan atau membuat suatu karya kolaboratif, maka dapat membantu meningkatkan motivasi belajar para murid. Metode ini memungkinkan para murid untuk terlibat secara langsung dalam pembelajaran dan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam melakukan suatu hal di kelas.
Ketiga, Menciptakan Lingkungan Belajar yang Mendukung
Suasana kelas yang nyaman dan dekorasi kelas yang menarik dapat memotivasi para murid untuk belajar dengan lebih baik. Suasana kelas dibuat menjadi bersih dan rapi, sehingga ketika para murid masuk kelas, maka para murid merasa ada terkejut melihat ada sesuatu yang menarik dan bagus di dalam kelasnya. Membuat sesuatu yang bagus dan menarik tidak harus keluar uang banyak.
Keempat, Mengajak Para Murid Menceritakan Pengalaman Selama Liburan
Guru bisa mengajak para murid untuk menceritakan pengalaman mereka selama liburan panjang, lalu guru mencoba untuk mengkaitkan antara pengalaman liburan mereka dengan pelajaran sekolah. Contohnya : ada murid yang menceritakan bahwa dia selama liburan itu berpetualang ke hutan, maka guru mengkaitkan cerita petualangan ke hutan dengan materi pelajaran atau dengan ilmu pengetahuan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kelima, Menggunakan Teknologi dalam Pembelajaran
Guru dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, sehingga bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif bagi para murid. Guru dapat menggunakan multimedia, software pendidikan, platform pembelajaran online untuk menyajikan materi pelajaran dengan cara yang inovatif dan menarik perhatian para murid.
Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, InsyaAllah para guru dapat membantu meningkatkan semangat belajar para murid setelah liburan panjang. Sebab, bukan hal yang mudah untuk mengembalikan semangat belajar pada murid setelah liburan panjang. Tapi, ketika kita bisa mengembalikan semangat belajar itu, maka kita berhasil menaklukan hati dan pikiran para murid.
Referensi:
- Suryadi, D. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Aktif.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(2), 153-164.
- Nurdianto, A., & Wahyudin, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sisw Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(1), 85-94.
Ditulis oleh : Afrian Rahardyaning Pangestu.