A. Pendahuluan

Para pembaca yang baik hati. Membahas mengenai pengembangan kompetensi dan profesionalitas bagi para guru, tentunya bukan hanya sekedar sebuah kewajiban, tetapi sebuah investasi untuk masa depan pendidikan yang berkualitas. Di tengah perubahan yang dinamis dalam dunia pendidikan, para guru tidak hanya diharapkan untuk menguasai materi ajar, namun juga perlu untuk mengasah keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang relevan dengan perkembangan zaman.

Sebab, jika guru hanya sebatas memberikan materi ajar, maka guru bisa digantikan oleh robot. Oleh sebab itu, penulis percaya bahwa guru tidak akan bisa digantikan oleh robot, karena robot tidak punya keterampilan, sikap, dan nurani layaknya manusia normal. Dengan demikian, para guru harus dikembangkan dalam hal profesionalitasnya dan kompetensinya.

Dalam konteks ini, penulis akan membahas tentang pengembangan profesionalitas dan kompetensi para guru yang harus dilakukan secara berkelanjutan, salah satunya untuk menggali potensi tersembunyi para guru, yang kemudian bisa dikembangkan dan bisa mendatangkan kebaikan bagi diri guru tersebut serta orang-orang di sekitarnya.

 

B. Pembahasan

Para pembaca yang baik hati. Jika timbul pertanyaan, lantas apa pentingnya pengembangan kompetensi dan profesionalitas pada guru secara berkelanjutan? Menurut pendapat penulis, itu sangat penting. Silakan simak penjelasannya di bawah ini :

 

Pertama, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Dengan adanya pengembangan kompetensi dan profesionalitas para guru, maka dampak positifnya adalah dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih baik. Para guru dapat memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan.

 

Kedua, Mendorong Adanya Inovasi

Dengan adanya pengembangan kompetensi dan profesionalitas, para guru bisa mendapatkan ide atau inspirasi untuk menciptakan metode pembelajaran baru, mengeksplorasi teknologi terkini, dan mengadopsi pendekatan yang lebih efektif dalam mengajar para murid, sehingga proses belajar mengajar menjadi menarik dan tidak membosankan.

 

Ketiga, Menyediakan Dukungan bagi Murid

Para guru yang berkembang kompetensinya dan profesionalitasnya, maka seringkali lebih peka dan lebih peduli terhadap kebutuhan para murid. Para guru dapat menyediakan dukungan yang lebih baik kepada para murid dalam hal akademis maupun non akademis, sehingga efeknya adalah bisa membantu para murid bersemangat dalam menjalani pembelajaran serta bersemangat dalam mewujudkan cita-citanya.

 

Keempat, Menghadapi Tantangan Baru

Saat ini perubahan zaman membawa tantangan baru dalam dunia pendidikan. Para guru dituntut untuk terus berkembang serta mampu menghadapi tantangan ini dengan lebih baik, termasuk dalam mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran dan upaya penanganan masalah sosial yang berkembang.

 

Bagaimana cara Meningkatkan Pengembangan Kompetensi dan Profesionalitas Para Guru? Silakan disimak baik-baik penjelasan penulis di bawah ini :

Pertama, Pelatihan Berkelanjutan

Sekolah, pesantren, madrasah, dan lembaga pendidikan perlu menyediakan pelatihan yang berkelanjutan bagi para guru. Pelatihan ini harus mencakup berbagai aspek, yaitu : mulai dari pembaruan kurikulum, cara menyikapi murid, metiode pengajaran yang efektif, strategi membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan, serta penggunaan teknologi untuk kegiatan pembelajaran.

 

Kedua, Kolaborasi Antar Guru

Di sekolah atau pesantren atau madrasah, harus ada kolaborasi antar guru. Tujuannya adalah agar dapat menjadi sumber belajar yang efektif. Sebab, dengan kolaborasi antar guru, maka dapat terjadi pertukaran pengalaman, berbagi pengetahuan, menambah koneksi dengan berbagai pihak lain yang menguntungkan, dan belajar skill antar sesama guru. Dengan demikian, dapat membantu meningkatkan kompetensi serta kesejahteraan para guru.

 

Ketiga, Mendorong Penelitian dan Kreasi

Dengan memberikan dukungan bagi para guru untuk melakukan penelitian dan mengembangkan kreasi karya dalam kegiatan pengajaran para guru, tentunya dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Maksudnya keseluruhan adalah jika gurunya kreatif dan bisa mengajar dengan baik, maka para murid bisa lebih mudah memahami pelajaran di sekolah.

 

Keempat, Adanya Apresiasi dan Penghargaan

Pimpinan lembaga pendidikan semestinya bisa memberikan apresiasi dan penghargaan bagi para guru yang berprestasi karena kinerjanya yang rajin atau memberikan penghargaan bagi para guru yang membuat karya kreatif, di mana karya itu bermanfaat untu para murid serta masyarakat.

Adanya apresiasi dan penghargaan ini bukan semata-mata guru tersebut haus pujian dan tidak ikhlas. Bukan begitu ya. Sebab, ikhlas atau tidak ikhlas nya seseorang hanya Allah yang tahu. Tapi, dengan adanya apresiasi dan dukungan kepada guru, justru itu menjadi usaha nyata untuk memotivasi para guru agar semakin semangat mendidik para murid.

 

C. Kesimpulan

Dalam pengembangan kompetensi dan profesionalitas para guru secara berkelanjutan memang harus dilakukan sebagaimana yang sudah penulis sampaikan di atas. Jika ada yang belum membaca tulisan di atas, maka silakan baca dari atas sampai bawah. Terimakasih.

 

Referensi :

Wibowo, A., & Suryadi, D. (2019). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), hlm 101.

Nugroho, B. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Guru di Era Disrupsi Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), hlm 45-46

Rahayu, R. P., & Aryani, F. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Berkelanjutan dalam Implementasi Kurikulum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(7), hlm 78

 

Ditulis oleh : Afrian Rahardyaning Pangestu

Leave a Reply

Ada yang bisa kami bantu?